SOP Pengemudi Sewa Mobil Surabaya

Dalam kode etik dan prosedur layanan sewa mobil Surabaya, kami senantiasa menerapkan SOP Pengemudi Sewa Mobil Surabaya. Hal tersebut merupakan dasar kami melayani sewa mobil Surabaya dengan orientasi pada kepuasan pelanggan.

SOP Pengemudi Sewa mobil Surabaya dengan diusung Artha Raya Trans memberikan pelayanan prima. Terlepas dari ketepatan waktu, jasa sewa mobil ini memberikan efektifitas, efisiensi, kenyamanan dan keamanan pengguna.

Berikut kami sampaikan SOP Pengemudi Sewa Mobil Surabaya by Artha Raya Trans:

Tanggung Jawab Dasar Pengemudi

Panduan SOP Pengemudi Sewa Mobil Surabaya menerangkan kondisi utama yang harus dipenuhi untuk mengoperasikan kendaraan sewa mobil surabaya murah sebelum dan selama pengoperasian kendaraan tersebut. Penting untuk diingat bahwa elemen-elemen di bawah ini hanyalah sebagian hal yang harus dipatuhi oleh pengemudi yang bertanggung jawab.

Jika ada perbedaan antara Tanggung Jawab Dasar Pengemudi dan hukum lalu lintas, maka pengemudi kendaraan sewa mobil Surabaya akan menerapkan peraturan yang lebih ketat di antara keduanya.

Tanggung Jawab Pengemudi

Program Keselamatan Armada diperkenalkan dengan tujuan tunggal yaitu mencegah kecelakaan yang dapat mengakibatkan pengemudi, kendaraan, penumpang dan pihak-pihak ketiga terluka atau lebih buruk lagi.

Setiap pengemudi harus memastikan kondisi dan standar berikut telah terpenuhi sebelum dan selama mengoperasikan kendaraan sewa rental mobil Surabaya.

Memiliki Surat Izin Mengemudi terbaru dan sah untuk jenis kendaraan yang ditugaskan atau akan dioperasikan;

Adalah tanggung jawab operator kendaraan Artha Raya Trans terkait untuk memastikan bahwa SIM yang dimiliki adalah yang terbaru dan sesuai untuk jenis kendaraan yang akan dioperasikan.

Pengemudi harus mempertanyakan keabsahannya; ia tidak punya kewenangan untuk mengasumsikan bahwa SIM tersebut sah. Jika SIM pengemudi tidak sah, ia tidak boleh mengoperasikan kendaraan tersebut karena SIM yang tidak sah merupakan pelanggaran kepatuhan yang akan membuat pengemudi/kendaraan tidak terasuransikan.

Kendaraan yang ditetapkan hanya boleh dioperasikan oleh orang yang berwenang;

Kendaraan sebagai alat kerja perusahaan sewa mobil mewah surabaya by Artha Raya Trans. Satu armada dapat ditugaskan kepada satu orang pengemudi dengan surat tugas dan tidak diperbolehkan untuk mengganti pengemudi tanpa pemberitahuan pihak Artha Raya Trans.

Dengan surat tugas, pengemudi telah menyatakan bahwa ia sepenuhnya kompeten dan sesuai untuk mengoperasikan kendaraan tersebut;

Jika pengemudi tidak kompeten dalam arti tidak memiliki pengetahuan dan/atau kemampuan dan/atau yakin bahwa ia tidak memiliki kesesuaian mental dan/atau fisik untuk mengoperasikan kendaraan dengan aman, maka pengemudi bertanggung jawab memberitahukannya kepada pihak manajemen, sehingga pengemudi tidak mengoperasikan kendaraan dalam keadaan tidak sanggup dan apabila memungkinkan, bisa diatur ulang mengenai penggantian pengemudi.

Mematuhi dan mengikuti semua peraturan dan perundangan lalu lintas terkait pengoperasian jenis kendaraan tersebut;

Pengemudi kendaraan rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans harus patuh terhadap semua peraturan dan perundangan lalu lintas. Sop Pengemudi Sewa Mobil Surabaya juga harus memenuhi elemen-elemen yang terdapat dalam Tanggung Jawab Dasar Pengemudi yang merupakan bagian dari Program Keselamatan Pelanggan.

Jika ada perbedaan antara elemen pada standar Artha Raya Trans dan standar yang berlaku, maka yang lebih ketat di antara keduanya yang harus diterapkan selama pengoperasian kendaaan.

Untuk itu Sop Pengemudi Sewa Mobil Surabaya tidak boleh melebihi batas kecepatan yang ditentukan dan harus mengurangi kecepatan kendaraan apabila kondisi jalan dan cuaca mengharuskannya. Ini bisa berarti kendaraan harus dikemudikan pada kecepatan jauh di bawah batas yang diizinkan.

Menginformasikan pihak manajemen apabila SIM-nya tidak berlaku atau disita;

Jika SIM pengemudi rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans disita dan orang tersebut tidak diperbolehkan/dilarang atau dihalangi untuk mengoperasikan jenis kendaraan tersebut oleh polisi lalu lintas dan pengadilan setempat, maka adalah tanggung jawab pengemudi tersebut untuk menyampaikan informasi ini kepada pihak manajemen Artha Raya Trans.

Tidak diperbolehkan pelanggan mengambil alih pengemudi selama pelayanan sewa mobil Surabaya by Artha Raya Trans;

Dalam keadaan apapun Sop Pengemudi Sewa Mobil Surabaya tidak diperbolehkan memberikan kunci kendaraan kepada pelanggan dan pelanggan mengambil alih kemudi. Dengan syarat dan kondisi apapun, pengemudi diperbolehkan memohon ijin kepada pelanggan untuk istirahat sejenakĀ  jika dalam perjalanan sudah mengendarai kurang lebih selama 5 jam.

Cek pengemudi dalam keadaan sehat;

Sangatlah penting bagi operator kendaraan sewa mobil Surabaya by Artha Raya Trans untuk memiliki kesehatan yang baik dan sesuai; tidak memiliki gangguan penglihatan, pendengaran, refleks atau kondisi lain yang dikategorikan sebagai tidak sesuai untuk mengoperasikan kendaraan tersebut berdasarkan peraturan lalu lintas dan peraturan terkait kesehatan.

Jika pengemudi tidak yakin dengan pemenuhan kondisi tersebut, ia harus segera menghubungi pihak manajemen Artha Raya Trans dan memberitahu kekhawatirannya, dan dilakukan penggantian pengemudi.

Mengetahui bahwa kendaraan perusahaan tidak boleh dikendarai atau dioperasikan jika/ketika ada kemungkinan pengemudi sedang berada di bawah pengaruh zat tertentu, alkohol atau obat-obatan;

Pengemudi dilarang mengoperasikan kendaraan milik sewa mobil di surabaya by Artha Raya Trans jika mereka di bawah pengaruh alkohol dan/atau zat-zat lainnya. Pelanggaran terhadap standar ini bisa berakibat pada tindakan disipliner yang bisa merupakan, tapi tak terbatas pada, pemberhentian sebagai pengemudi dari perusahaan.

Setiap orang yang akan mengoperasikan kendaraan milik sewa mobil Surabaya murah by Artha Raya Trans harus memastikan ia tidak sedang dalam pengaruh alkohol atau zat lain yang dapat menggangu kemampuan pengemudi untuk mengoperasikan kendaraan dengan aman.

Jika orang yang akan mengoperasikan kendaraan merasa ragu apakah ia sedang di dalam pengaruh atau tidak, maka ia seharusnya tidak mencoba mengoperasikannya; ia harus menghubungi supervisor langsungnya dan meminta saran terbaik.

Beroperasi di sini berarti kendaraan mulai bergerak dari posisi parkir.

Setiap pengemudi memiliki tanggung jawab atas keselamatan dan keamanan dirinya sendiri dan para penumpang;

Pengemudi harus menyadari bahwa demi keselamatan dan keamanan, pengemudi tidak diperbolehkan mengangkut penumpang di jalan.

Setiap pengemudi Artha Raya Trans harus menyadari bahwa Keselamatan Armada adalah sebuah nilai yang ditentukan berdasarkan budaya keselamatan perusahaan secara keseluruhan yang tercantum pada SOP Pengemudi Rental Mobil Surabaya.

Aktif berpartisipasi dalam pelatihan wajib, komentar berkendara dan inisiatif keselamatan khusus;

Setiap pengemudi kendaraan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans sepenuhnya menyadari tanggung jawab pengembangan keselamatan armadanya.

Memeriksa kondisi kendaraan secara harian/mingguan/bulanan untuk memastikan kendaraan berada dalam kondisi yang aman untuk dioperasikan;

Keselamatan kendaraan sangat bergantung pada frekuensi dan kualitas pemeriksaan yang dilakukan. Setiap pengemudi harus memeriksa secara rutin hal-hal penting yang menjamin keselamatan dan keamanan kendaraan dengan memeriksa daftar centang yang tersedia. Pemeriksaan ini tidak harus dilakukan oleh seorang mekanik;

Melaporkan luka, kematian, kecelakaan, insiden atau kerusakan lain dan pelanggaran lalu lintas kepada pihak manajemen;

Mematuhi larangan penggunaan telepon selular saat mengoperasikan kendaraan;

Penggunaan telepon selular dilarang saat sedang mengoperasikan kendaraan.

Mematuhi larangan mengirim pesan saat mengoperasikan kendaraan;

Prosedur untuk itu bisa diperkenalkan berdasarkan rekomendasi dari tim keselamatan armada atas persetujuan pihak manajemen.

Tidak melakukan aktivitas yang mungkin dapat mengalihkan konsentrasi selama kendaraan bergerak;

Mempraktikkan apa yang telah diajarkan melalui program keselamatan armada: terapkan prinsip berkendara defensif setiap waktu;

Menerapkan teknik berkendara ramah lingkungan yang direkomendasikan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi pembuangan kendaraan;

Memberikan umpan balik dan rekomendasi untuk mendukung Program Keselamatan Armada;

Kendaraan harus digunakan hanya untuk tujuan yang sesuai diperuntukan, desain dan spesifikasinya;

 

sop pengemudi sewa mobil surabaya

Leave a Comment