SOP Pengemudi

Tanggung Jawab Dasar Pengemudi

Panduan menerangkan kondisi utama yang harus dipenuhi oleh pengemudi yang akan mengoperasikan kendaraan sewa rental mobil DI Surabaya sebelum dan selama pengoperasian kendaraan tersebut. Penting untuk diingat bahwa elemen-elemen di bawah ini hanyalah sebagian hal yang harus dipatuhi oleh pengemudi yang bertanggung jawab, Kompeten dan sadar keselamatan, selama mengoperasikan kendaraan dengan aman, dengan cara mengemudi yang defensif.

Bagian kepatuhan panduan ini ditujukan agar pengemudi sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans menerapkan setidaknya Tanggung Jawab Dasar pengemudi serta Tata Tertib Lalu Lintas yang mencerminkan berbagai standar yang diatur oleh peraturan dan perundangan lalu lintas.

Jika ada perbedaan antara Tanggung Jawab Dasar Pengemudi dan hukum lalu lintas, maka pengemudi kendaraan sewa rental mobil Surabaya akan menerapkan peraturan yang lebih ketat di antara keduanya.

Tanggung Jawab Pengemudi

Program Keselamatan Armada diperkenalkan dengan tujuan tunggal yaitu mencegah kecelakaan yang dapat mengakibatkan pengemudi, kendaraan, penumpang dan pihak-pihak ketiga terluka atau lebih buruk lagi.

Setiap pengemudi harus memastikan kondisi dan standar berikut telah terpenuhi sebelum dan selama mengoperasikan kendaraan sewa rental mobil Surabaya.

Memiliki Surat Izin Mengemudi terbaru dan sah untuk jenis kendaraan yang ditugaskan atau akan dioperasikan;

Adalah tanggung jawab operator kendaraan Artha Raya Trans terkait untuk memastikan bahwa SIM yang dimiliki adalah yang terbaru dan sesuai untuk jenis kendaraan yang akan dioperasikan. Pengemudi harus mempertanyakan keabsahannya; ia tidak punya kewenangan untuk mengasumsikan bahwa SIM tersebut sah. Jika SIM pengemudi tidak sah, ia tidak boleh mengoperasikan kendaraan tersebut karena SIM yang tidak sah merupakan pelanggaran kepatuhan yang akan membuat pengemudi/kendaraan tidak terasuransikan.

Kendaraan yang ditetapkan hanya boleh dioperasikan oleh orang yang berwenang;

Kendaraan sebagai alat kerja perusahaan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans. Satu armada dapat ditugaskan kepada satu orang pengemudi dengan surat tugas dan tidak diperbolehkan untuk mengganti pengemudi tanpa pemberitahuan pihak Artha Raya Trans.

Dengan surat tugas, pengemudi telah menyatakan bahwa ia sepenuhnya kompeten dan sesuai untuk mengoperasikan kendaraan tersebut;

Jika pengemudi tidak kompeten dalam arti tidak memiliki pengetahuan dan/atau kemampuan dan/atau yakin bahwa ia tidak memiliki kesesuaian mental dan/atau fisik untuk mengoperasikan kendaraan dengan aman (untuk dirinya sendiri dan pengguna jalan raya lainnya termasuk pelanggan sewa rental mobil Surabaya), maka pengemudi bertanggung jawab untuk memberitahukannya kepada pihak manajemen, sehingga pengemudi tidak mengoperasikan kendaraan dalam keadaan tidak sanggup dan apabila memungkinkan, bisa diatur ulang mengenai penggantian pengemudi.

Mematuhi dan mengikuti semua peraturan dan perundangan lalu lintas terkait pengoperasian jenis kendaraan tersebut;

Pengemudi kendaraan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans harus patuh terhadap semua peraturan dan perundangan lalu lintas. Pengemudi juga harus memenuhi elemen-elemen yang terdapat dalam Tanggung Jawab Dasar Pengemudi yang merupakan bagian dari Program Keselamatan Pelanggan. Jika ada perbedaan antara elemen pada standar Artha Raya Trans dan standar yang berlaku, maka yang lebih ketat di antara keduanya yang harus diterapkan selama pengoperasian kendaaan.

Pengemudi tidak boleh melebihi batas kecepatan yang ditentukan dan harus mengurangi kecepatan kendaraan apabila kondisi jalan dan cuaca mengharuskannya. Ini bisa berarti kendaraan harus dikemudikan pada kecepatan jauh di bawah batas yang diizinkan.

Menginformasikan pihak manajemen apabila SIM-nya tidak berlaku atau disita;

Jika SIM pengemudi sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans disita dan orang tersebut tidak diperbolehkan/dilarang atau dihalangi untuk mengoperasikan jenis kendaraan tersebut oleh polisi lalu lintas dan pengadilan setempat, maka adalah tanggung jawab pengemudi tersebut untuk menyampaikan informasi ini kepada pihak manajemen Artha Raya Trans.

Tidak diperbolehkan pelanggan mengambil alih pengemudi selama pelayanan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans;

Dalam keadaan apapun pengemudi Artha Raya Trans tidak diperbolehkan memberikan kunci kendaraan kepada pelanggan dan pelanggan mengambil alih kemudi. Dengan syarat dan kondisi apapun, pengemudi diperbolehkan memohon ijin kepada pelanggan untuk istirahat sejenak  jika dalam perjalanan sudah mengendarai kurang lebih selama 10 jam.

Cek pengemudi dalam keadaan sehat;

Sangatlah penting bagi operator kendaraan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans untuk memiliki kesehatan yang baik dan sesuai; tidak memiliki gangguan penglihatan, pendengaran, refleks atau kondisi lain yang dikategorikan sebagai tidak sesuai untuk mengoperasikan kendaraan tersebut berdasarkan peraturan lalu lintas dan peraturan terkait kesehatan. Jika pengemudi tidak yakin dengan pemenuhan kondisi tersebut, ia harus segera menghubungi pihak manajemen Artha Raya Trans dan memberitahu kekhawatirannya, dan dilakukan penggantian pengemudi.

Mengetahui bahwa kendaraan perusahaan tidak boleh dikendarai atau dioperasikan jika/ketika ada kemungkinan pengemudi sedang berada di bawah pengaruh zat tertentu, alkohol atau obat-obatan;

Pengemudi dilarang mengoperasikan kendaraan milik sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans jika mereka di bawah pengaruh alkohol dan/atau zat-zat lainnya. Pelanggaran terhadap standar ini bisa berakibat pada tindakan disipliner yang bisa merupakan, tapi tak terbatas pada, pemberhentian sebagai pengemudi dari perusahaan.

Setiap orang yang akan mengoperasikan kendaraan milik sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans harus memastikan ia TIDAK sedang dalam pengaruh alkohol atau zat lain yang dapat menggangu kemampuan pengemudi untuk mengoperasikan kendaraan dengan aman. Jika orang yang akan mengoperasikan kendaraan merasa ragu apakah ia sedang di dalam pengaruh atau tidak, maka ia seharusnya tidak mencoba mengoperasikannya; ia harus menghubungi supervisor langsungnya dan meminta saran terbaik.

Menjadi contoh dalam hal penggunaan sabuk keselamatan dan memastikan semua penumpang di dalam kendaraan tersebut melakukan hal yang sama sebelum kendaraan beroperasional;

Pengemudi kendaraan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans bertanggung jawab terhadap keselamatan dirinya sendiri juga keselamatan pelanggan sewa rental mobil dan pengguna jalan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengemudi kendaraan untuk mengenakan sabuk keselamatan dan memastikan semua penumpang di depan dan bagian belakang telah mengenakan sabuk keselamatan mereka sebelum kendaraan beroperasi. Beroperasi di sini berarti kendaraan mulai bergerak dari posisi parkir.

Setiap pengemudi memiliki tanggung jawab atas keselamatan dan keamanan dirinya sendiri dan para penumpang;

Setiap orang yang mengoperasikan kendaraan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan semua penumpang di dalam kendaraan tersebut. Pengemudi harus menyadari bahwa demi keselamatan dan keamanan, pengemudi tidak diperbolehkan mengangkut penumpang di jalan.

Mengetahui, memahami dan menerapkan elemen Program Keselamatan Armada Artha Raya Trans, khususnya elemen Tanggung Jawab Dasar Pengemudi yang menyorot peran dan tanggung jawab minimum pengemudi

Setiap pengemudi kendaraan harus menyadari bahwa Keselamatan Armada adalah sebuah nilai yang ditentukan berdasarkan budaya keselamatan perusahaan secara keseluruhan. Hal ini mengharuskan pengemudi menciptakan kesadaran operasional kendaraan dan tentang elemen kunci Program Keselamatan Armada. Setiap orang yang akan mengoperasikan kendaraan harus mengetahui, memahami dan menerapkan tanggung jawab yang terdapat dalam Tanggung Jawab Dasar Pengemudi.

Setiap pengemudi harus mengetahui tujuan kinerja keselamatan armada sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans, yaitu layanan profesional yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan.

Aktif berpartisipasi dalam pelatihan wajib, komentar berkendara dan inisiatif keselamatan khusus;

Setiap pengemudi kendaraan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans sepenuhnya menyadari tanggung jawab pengembangan keselamatan armadanya. Oleh karena itu, setiap pengemudi harus menyelesaikan pelatihan terkait keselamatan dengan menanyakan kepada pihak manajemen tentang kursus atau modul yang belum ia hadiri/selesaikan sebelumnya. Setiap pengemudi harus meminta supervisor langsungnya untuk memberikan komentar berkendara yang sebaiknya dilakukan paling tidak dua kali dalam setahun sehingga kinerja keselamatan pengemudi bisa dinilai dan diberikan umpan balik. Sama halnya, setiap pengemudi juga perlu berpartisipasi dalam komentar berkendara setelah kecelakaan serius dan juga saat mereka diidentifikasi sebagai “pengemudi berisiko” setelah pembaruan klasifikasi risiko berkendara mereka.

Memeriksa kondisi kendaraan secara harian/mingguan/bulanan untuk memastikan kendaraan berada dalam kondisi yang aman untuk dioperasikan;

Keselamatan kendaraan sangat bergantung pada frekuensi dan kualitas pemeriksaan yang dilakukan. Setiap pengemudi harus memeriksa secara rutin hal-hal penting yang menjamin keselamatan dan keamanan kendaraan dengan memeriksa daftar centang yang tersedia. Pemeriksaan ini tidak harus dilakukan oleh seorang mekanik; pemeriksaan ini ditujukan agar pengemudi waspada akan kondisi ban dan melihat apakah terjadi penurunan tekanan drastis pada ban yang mungkin berpengaruh terhadap pengereman dan kapasitas penghentian kendaraan. Fungsi lampu dan indikator depan dan belakang juga harus diperiksa secara rutin karena memiliki pengaruh penting dalam keselamatan operasi kendaraan dan pemeriksaan harus dilakukan sebelum kendaraan dioperasikan.

Jika pengemudi menemukan sesuatu yang tidak berfungsi atau mungkin memberikan dampak pada keselamatan kendaraan, supervisor langsung dan pihak manajemen harus diinformasikan, sebagaimana alur kerja yang ada.

Melaporkan luka, kematian, kecelakaan, insiden atau kerusakan lain dan pelanggaran lalu lintas kepada pihak manajemen;

Sangat penting bagi siapa pun yang mengendarai kendaraan sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans yang terlibat dalam kecelakaan serius yang mungkin menyebabkan luka atau kematian untuk menginformasikan kepada pihak Kepolisian dan pihak manajemen Artha Raya Trans yang disebutkan dalam alur pelaporan kecelakaan dengan segera.

Kerusakan material dan pelanggaran lalu lintas lainnya harus didokumentasikan dengan sesuai dan dilaporkan sesegera mungkin kepada pihak manajemen Artha Raya Trans.

Mematuhi larangan penggunaan telepon selular saat mengoperasikan kendaraan;

Penggunaan telepon selular dilarang saat sedang mengoperasikan kendaraan. Jika memang dalam keadaan yang sangat penting berkaitan dengan indormasi dari pihak manajemen Artha Raya Trans, maka pengemudi dapat berhenti sejenak atau parkir ditempat aman untuk menerima panggilan dan atau melakukan konfirmasi ulang kepada pihak manajemen atau keluarga.

Mematuhi larangan mengirim pesan saat mengoperasikan kendaraan;

Semua pengemudi harus menyadari bahwa penggunaan perangkat perpesanan dan email dilarang selama mengoperasikan kendaraan, kecuali nyawa pengemudi sedang terancam bahaya dan pesan tersebut ditujukan untuk memberitahu perusahaan, aparat keamanan atau kelompok monitoring GPS kendaraan. Pengemudi kendaraan yang oleh supervisor terlihat atau dilaporkan mengirim pesan selagi mengemudikan kendaraan dapat dikenakan tindakan disipliner sesuai dengan prosedur yang berlaku. Prosedur untuk itu bisa diperkenalkan berdasarkan rekomendasi dari tim keselamatan armada atas persetujuan pihak manajemen.

Tidak melakukan aktivitas yang mungkin dapat mengalihkan konsentrasi selama kendaraan bergerak;

Berkonsentrasilah pada lalu lintas, pantau kemungkinan bahaya di depan dan sekitar (yang mendekat dari kedua sisi atau belakang) kendaraan, baik berupa kendaraan lain atau pejalan kaki, dan bersiap untuk menghindar dari kemungkinan bahaya tersebut.

Mempraktikkan apa yang telah diajarkan melalui program keselamatan armada: terapkan prinsip berkendara defensif setiap waktu;

Pengemudi menerapkan pelajaran yang diterima dari pelatihan Berkendara Defensif, umpan balik dari komentar berkendara dan informasi teknis lain yang telah diterima untuk meningkatkan kinerja berkendara yang aman dan defensif.

Menerapkan teknik berkendara ramah lingkungan yang direkomendasikan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi pembuangan kendaraan;

Menerapkan teknik yang diajarkan melalui modul e-pembelajaran berkendara ramah lingkungan atau kursus Berkendara Defensif yang melibatkan elemen kunci seperti menjaga tekanan ban yang tepat, tidak pernah meninggalkan mesin menyala tanpa digunakan, berkendara dengan gigi paling tinggi tanpa menunda mesin, memacu kecepatan dalam batas yang ditentukan, tidak menggunakan pendingin udara kecuali keadaan sangat panas, dll.

Memberikan umpan balik dan rekomendasi untuk mendukung Program Keselamatan Armada;

Keberhasilan Program Keselamatan Armada sewa rental mobil Surabaya by Artha Raya Trans bergantung pada keterlibatan dan keikutsertaan semua karyawan, khususnya mereka yang mengoperasikan kendaraan perusahaan. Program tersebut hanya bisa berkembang dengan keterlibatan semua pengemudi dan umpan balik dan rekomendasi dari apa yang mereka alami selama mengoperasikan kendaraan dan pelayanan kepada pelanggan.

Kendaraan harus digunakan hanya untuk tujuan yang sesuai diperuntukan, desain dan spesifikasinya;

Artha Raya Trans memilih kendaraan sesuai dengan peruntukannya dengan mempertimbangkan merek, model dan ukuran mesin. Oleh karenanya, demi menjaga keselamatan, keamanan dan kelayakan jalan kendaraan, sangat penting untuk menggunakannya sesuai dengan tujuan awal kendaraan tersebut beroperasi.

Parkir kendaraan dengan benar di tempat yang aman dan ambil semua langkah keamanan dan keselamatan yang diperlukan untuk melindungi diri sendiri dan juga aset perusahaan;

Sangat penting bagi semua pengemudi untuk memarkir kendaraan di tempat yang aman dengan cara yang aman sehingga kendaraan tidak membahayakan keselamatan orang lain, pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengemudi kendaraan lainnya. Ini berarti kendaraan yang diparkir tidak boleh menghalangi jalan keluar properti lainnya, lahan parkir, alat atau hidran pemadam kebakaran. Kendaraan yang diparkir juga tidak boleh menghalangi jalur kendaraan lainnya.

Setiap pengemudi bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan semua properti (milik pribadi, perusahaan dan pelanggan) yang ada di dalam kendaraan perusahaan;

Setiap pengemudi kendaraan harus memastikan bahwa saat kendaraan diparkir dengan benar dan ditinggal, barang-barang di dalam kendaraan tidak menarik potensi kriminal dan tidak terlihat dari luar. Barang-barang berharga seperti koper, laptop, benda berharga serta dokumen dan barang-barang lain yang mengandung informasi sensitif dan rahasia harus dibawa dan atau diamankan sesuai prosedur dalam situasi dan kondisi yang dapat dipahami semua pihak (pengemudi, perusahaan dan pelanggan).

Leave us a comment