Perkembangan Dan Masa Depan Perusahaan Jasa Sewa Mobil Surabaya

Sebuah jasa sewa mobil, atau lembaga menyewa mobil adalah perusahaan yang menyewakan mobil untuk jangka waktu yang singkat, Umumnya mulai dari beberapa jam sampai beberapa minggu. Hal ini sering difasilitasi dengan banyak cabang lokal (yang memungkinkan pengguna untuk kembali kendaraan ke lokasi yang berbeda), dan terutama terletak dekat bandara atau daerah kota yang sibuk dan sering dilengkapi dengan sebuah website yang memungkinkan pemesanan online.

Perusahaan jasa penyewaan mobil terutama mengutamakan pelayanan kepada orang yang membutuhkan kendaraan sementara, misalnya mereka yang tidak memiliki mobil mereka sendiri, para bisnisman atau wisatawan yang berada di luar kota, dan pemilik kendaraan rusak atau hancur yang sedang menunggu perbaikan atau asuransi kompensasi. Jasa penyewaan mobil juga dapat melayani kebutuhan perusahaan, dimana perusahaan pada era globalisasi ini enggan dalam melakukan investasi untuk sebuah kendaraan transportasi apalagi dari segi pemeliharaan serta manajemen driver. Perusahaan lebih mengandalkan perusahaan sewa mobil yang outsource untuk memfasilitasi kebutuhan transportasi mereka.

Bersamaan dengan sewa dasar kendaraan, agen penyewaan mobil biasanya juga menawarkan produk tambahan seperti asuransi, global positioning system (GPS) sistem navigasi, sistem hiburan, dan bahkan hal-hal seperti ponsel guna memberikan pelayanan yang lebih dalam memfasilitasi kebutuhan transportasi yang mendukung.

Cikal bakal bertumbuhnya perusahaan jasa sewa mobil di Surabaya bertolok ukur pada seorang Harris Saunders. Saat itulah dia berjuang untuk memfasiitasi kinerjanya dengan sebuah ide mengapa tidak menyewa mobil ? Menyewa kendaraan telah tumbuh begitu populer dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai perusahaan jasa sewa mobil di Surabayatumbuh dan berkembang baik dari personal maupun yang terorganisir seperti sebuah perusahaan. Faktanya adalah bagaimanapun, bahwa di Roma kuno, kereta kuda disewakan dan banyak jenis kendaraan sewaan di hampir semua negara beradab. Dengan berjamurnya pertumbuhan jasa sewa mobil di Surabaya,  menambah beberapa perusahaan produsen mobil seperti Toyota, Daihatsu dll melirik beberapa perusahaan jasa sewa mobil di Surabaya untuk melakukan kerjasama bahkan tidak tertutup kemungkinan melakukan investasi.

Pertumbuhan ekonomi nasional yang terus meningkat sejak triwulan pertama 2014 telah meningkatkan investasi baru di Tanah Air. Seiring dengan itu, kebutuhan kendaraan operasional perusahaan juga turut meningkat. Bagaimana beberapa frontliner membidik peluang dan memanfaatkan peluang ini? Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat bahwa pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2014 yang hanya bertengger pada 5,21% mulai merangkak naik menuju 6% secara perlahan.

Penulis serta pemilik Artha Raya Trans pun mengakui, perkembangan investasi bisnis sewa mobil di Surabaya yang cukup kuat memang mendorong banyak kompetitor melakukan cara yang hampir sama. Karenanya, untuk sementara ini Artha Raya Trans tidak terlalu agresif melakukan akuisisi dan pembelian aset perusahaan sewa sewa mobil.

“Bicara target pasti ada, dan kami tidak menutup mata soal akuisisi serta pembelian aset. Pastinya masih terus fokus meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan menggunakan asas keterbukaan. Untuk tahun ini saja, sudah ada beberapa investor berkenan melakukan kerjasama dalam investasi regenerasi unit” kata penulis.

Dalam menggapai target penambahan armada tersebut, Artha Raya Trans mencoba memaksimalkan dua strategi untuk memanfaatkan potensi pasar sewa yang bergerak cukup cepat. Pertama, strategi organik, yaitu cara Artha Raya Trans memaksimalkan kualitas layanan bagi konsumen, seperti merekrut dan mengevaluasi kembali kinerja driver dengan beberapa evaluasi yang dilakukan.

Para driver dilatih bagaimana cara mengemudi dengan baik. Bahkan, pelatihan etika berkendara bagi para driver juga diberikan disaat perekrutan dan pembekalan jobs description untuk driver. Tak hanya itu, standarisasi pelayanan Artha Raya Trans pun cukup unik. Pasalnya, para driver juga dilatih memahami perawatan kendaraan serta dibekali pengetahuan terkait bisnis sewa mobil. Pemilik sekaligus penulis meyakini bahwa driver merupakan salah satu aset perusahaan yang paling penting karena intensitasnya dalam melayani konsumen secara langsung sebagai ujung tombak bertumbuhnya bisnis jasa sewa mobil di Surabaya.

Strategi kedua yang dilakukan Artha Raya Trans adalah anorganik. Artinya, selain mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal layanan berkualitas, kami juga mencoba mengarah pada perluasan bisnis sewa mobil di Surabayadengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan sewa yang cukup potensial.

Pemilik mengakui, perkembangan investasi bisnis sewa mobil di Surabaya yang cukup kuat mendorong banyak kompetitor melakukan cara yang hampir sama. Karenanya, untuk sementara ini kami tidak terlalu agresif melakukan akuisisi dan pembelian aset perusahaan sewa mobil.

Diperkirakan pada saat ini terdapat 1,5 juta kendaraan operasional yang dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sekitar 400.000 unit merupakan kendaraan yang disewa dari berbagai perusahaan sewa mobil di Surabaya. Pertumbuhan bisnis sewa mobil di Surabaya juga dipengaruhi oleh bertambahnya perusahaan multinasional yang berinvestasi di Surabaya.

Digital Marketing

Seperti dari Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Perusahaan- perusahaan itu memilih menggunakan jasa sewa mobil di Surabaya. Belakangan strategi itu mulai diikuti perusahaan-perusahaan Indonesia. Penggunaan jasa sewa mobil di Surabaya dianggap lebih menguntungkan. Selain tidak mengganggu modal kerja, nilai aset perusahaan tidak terdepresiasi terlalu besar.

Selain itu, bisnis sewa mobil juga membantu meningkatkan pertumbuhan industri automotif. Karena hampir setiap tahunnya, perusahaan-perusahaan rental berkapitalisasi besar membeli kendaraan baru. Baik untuk kepentingan peremajaan armada maupun karena mendapatkan kontrak baru dari sebuah perusahaan besar.

Analisa penulis mengatakan, potensi bisnis sewa mobil di Indonesia masih sangat besar. Karena masih banyak perusahaan maupun instansi pemerintah yang belum mempergunakan jasa sewa mobil. Padahal jika dihitung secara matematis, sewa mobil jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan membeli.

Dengan sewa mobil di Surabaya, lanjut dia, perusahaan ataupun instansi terkait tidak perlu lagi mencadangkan biaya untuk perbaikan dan perawatan kendaraan, sehingga dananya bisa dialihkan untuk ekspansi ataupun memperkuat usaha. Selain itu, sewa mobil juga bisa mendukung mobilitas setiap orang termasuk para pekerja dan pelaku bisnis di Surabaya.

Rata-rata pertumbuhan usaha sewa mobil di Surabaya sekitar 10-15%. Untuk tahun ini, kemungkinan besar pertumbuhannya menurun drastis dengan rata-rata pertumbuhan bisnis sewa mobil di Surabaya di tahun sebelumnya. Ini disebabkan oleh kondisi ekonomi global yang kurang baik, tingkat bunga yang relatif masih tinggi serta inflasi,” jelas penulis.

Menurut penulis, pertumbuhan bisnis sewa mobil bisa jauh lebih baik lagi, jika pemerintah pusat ataupun daerah memiliki kebijakan yang mendukung bisnis sewa mobil, diantaranya memilih mempergunakan mobil sewa untuk operasional sehari-hari. Dan pada saat ini, belum banyak pemerintah daerah yang telah mempergunakan jasa sewa mobil di Surabaya.

Peluang usaha ini semakin meningkat dari tahun ke-tahun. Hal ini sering dengan kebutuhan sewa mobil di Surabaya sebagai trend ekspansi perusahaan untuk mengembangkan sayap di Surabaya dan semakin hari semakin meningkat. Masyarakat menginginkan segala sesuatunya secara praktis dan mudah. Sehingga memilih mobil untuk mengangkut semua anggota keluarga atau rekannya dalam satu kendaraan.

Yang terpenting dalam menjalankan bisnis sewa mobil di Surabaya ini adalah selalu melihat situasi dan kondisi, terus melakukan inovasi, memberdayakan dan mengoptimalkan sosial media sebagai media promosi, dan yang terakhir, melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap kinerja menajemen dan serta driver sebagai ujung tombak bisnis jasa sewa mobil di Surabaya.

Leave us a comment