Trust & Build Perusahaan Jasa Sewa Mobil Surabaya

Apakah anda pernah berhasil dalam membangun perusahaan jasa sewa mobil Surabaya jika diantara dari kita tidak ada kepercayaan satu sama lain?

 

 

Sebuah tim tanpa kepercayaan adalah bukan benar-benar sebuah tim sewa mobil Surabaya: Itu hanya sekelompok individu yang bekerja sama, dan lebih sering mengecewakan satu sama lain. Mereka mungkin lebih mementingkan ego daripada berbagi informasi penting. Mereka lebih sering melakukan pertempuran atas hak dan tanggung jawab dan tidak melakukan kerja sama dengan yang lain. Tidak peduli seberapa mampu atau berbakatnya anda jika kepercayaan tidak hadir diantara satu dengan yang lain dalam mencapai sebuah potensi kemajuan perusahaan sewa mobil Surabaya. Namun jika membangun sebuah kepercayaan dalam sebuah tim sewa mobil Surabaya, maka tim sewa mobil Surabaya menjadi semakin solid dengan visi dan misi yang sama untuk mencapai kemajuan. Dan ketika tim percaya satu sama lain, perusahaan sewa mobil Surabaya dapat mencapai tujuan yang benar-benar bermakna. Sebagai seorang pemimpin, membantu tim sewa mobil Surabaya membangun sebuah kepercayaan adalah tugas utama yang paling mutlak dilakukan. Maka seorang pemimpin harus memberikan contoh dengan karakter, moral, sifat dan perilaku yang mumpuni. Dan jika sebuah kepercayaan itu sudah terbangun dengan visi dan misi yang satu tujuan, maka alhasil keberhasilan sebuah perusahaan sewa mobil Surabaya untuk berkembang merupakan langkah yang jitu.  Tetapi jika hanya membangun kepercayaan diantara sebuah tim sewa mobil Surabaya bukan jaminan sebuah kesuksesan akan tercapai. Dalam sebuah organisasi, seorang pemimpin perlu melakukan inovasi dan strukturisasi organisasi yang jitu. Untuk itu pemimpin perusahaan sewa mobil Surabaya harus tepat menyusun organisasi dengan perekrutan orang yang tepat di bidangnya.  Sebuah tim sewa mobil Surabaya dengan struktur organisasi akurat akan tercapai sebuah kemajuan yang pesat dengan membangun sebuah sistem manajemen informatika yang tepat. Berikut susunan tim organisasi sewa mobil Surabaya dalam membangun sebuah tim yang solid dengan sistem manajemen informatika:

1.       Customer Service & Administration

  • CS dan Admin adalah pengguna super dari sebuah sistem manajemen sewa mobil Surabaya murah.
  • Mereka bertanggung jawab untuk penciptaan dan pemeliharaan rekam pelanggan ke dalam sistem.
  • CS lebih mengutamakan inovasi dalam meraih sebuah pelanggan baru dan memanage pelanggan lama dengan lebih mengupayakan sebuah kebutuhan sewa mobil yang disinkronisasi dengan sistem yang ada.o   Admin lebih untuk merekam data pelanggan beserta kebutuhan sewa mobil Surabaya murah dengan mempersiapkan kwitansi dan invoice dalam sistem yang ada. 

2.       Human Resource Departement 

  • Manajer HR bertanggung jawab atas sumber daya manusia dalam sebuah organisasi.
  • Perekrutan harus melalui proses seleksi yang sudah terformat secara defaut dalam sistem.
  • Sistem perekrutan yang terformat default lebih digarisbawahi dan harus dilakukan untuk menghindari sebuah tim yang solid menjadi berantakan.
  • Manajer HR dengan sistem yang ada melakukan evaluasi kinerja dalam sebuah tim sewa mobil Surabaya yang dapat melakukan filterisasi laporan kinerja per hari, minggu dan atau bulan. Dengan sistem manajemen sewa mobil Surabaya maka meminimalisir terjadinya hal yang tidak tepat dalam mencapai tujuan perkembangan perusahaan.

3.       Operational 

  • Manajer Operasional merupakan salah satu jenis pengguna dalam sistem yang bertanggung jawab untuk menetukan rincian driver shift, rincian rute, alokasi kendaraan, dan penentuan pemeliharaan kendaraan.
  • Manajer Operasional tidak hanya membuat tetapi juga bertanggung jawab atas pemeliharaan rincian pergeseran driver, rincian rute, lembaran perjalanan dan rincian kendaraan dialokasikan.  

4.       Finance 

  • Manajer Keuangan bertanggung jawab untuk estimasi biaya investasi dan pengeluaran, penagihan kendaraan serta monitoring masukan diposting oleh CS dan Admin pada peristiwa deal pelanggan, estimasi keuntungan dan kerugian serta pengeluaran tak terduga dalam rute perjalanan sewa mobil Surabaya.
  • Tanggapan Manajer Keuangan diposting untuk memberikan kualitas dan kinerja layanan sewa mobil Surabaya. Dengan hasil ini organisasi mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kinerja layanan transportasi sewa mobil Surabaya dalam mendapatkan keuntungan. 

5.       Quality Control 

  • Manager Quality Control bertanggung jawab untuk mempertahankan kualitas dalam transportasi sewa mobil Surabaya.
  • Manager Quality Control memeriksa kinerja dengan mempertahankan masukan dari karyawan dan rincian kebutuhan pengembangan perusahaan sewa mobil Surabaya.
  • Manager Quality Control bertanggung jawab untuk memasukkan dan memelihara rincian kecelakaan dengan detail dan meminta untuk manajer keuangan untuk memberikan jumlah pengeluaran kerusakan. 

6.       Maintenance 

  • Manajer pemeliharaan adalah salah satu pengguna dalam sistem manajemen informatika sewa mobil Surabaya.o  Fungsi utama manajer ini adalah dengan melakukan inovasi dan langkah jitu dalam mengevaluasi kebutuhan pelanggan sewa mobil Surabaya. Peremajaan kendaraan, inovasi layanan driver dan investasi kendaraan.
  • Manajer Pemeliharaan bertanggung jawab atas suku cadang, surat ijin kendaraan, pengeluaran biaya pemeliharaan kendaraan, dan inventory serta BEP investasi kendaraan.

Dengan ketepatan struktur organisasi dan didukung dengan sistem manajemen informatika sewa mobil Surabaya yang tepat guna, maka diharapkan kemajuan perusahaan dapat dipetik hasilnya secepat mungkin. Ketepatan memetik hasil juga dibarengi dengan suatu sistem perencanaan yang jitu dalam mencapainya.

Proses Perencanaan Perusahaan Sewa Mobil Surabaya :

Proses perencanaan atau planning adalah bagian dari daur kegiatan manajemen yang terutama berhubungan dengan pengambilan keputusan (decision making) untuk masa depan, baik jangka panjang maupun jangka pendek, sehubungan dengan pokok pertanyaan: apa, siapa, bagaimana, kapan, di mana, dan berapa, baik sehubungan dengan perusahaan jasa sewa mobil Surabaya yang dimanajemeni maupun dukungan opersional.

Pendekatan Dasar Proses Perencanaan :

  • Dari atas ke bawah (top-down). Pendekatan ini mendesak bagian bawah bekerja sesuai kemauan atasan di dalam perencanaan tanpa memedulikan situasi nyata bagian bawah. Waktu perencanaan bisa sangat pendek, tetapi ada banyak hal yang terlewatkan karena sempitnya forum informasi dan komunikasi. Biasanya menimbulkan kepatuhan yang terpaksa namun untuk sementara waktu efektif.
  • Dari bawah ke atas (bottom-up). Pendekatan ini merupakan upaya melibatkan semua pihak sejak awal, sehingga setiap keputusan yang diambil dalam perencanaan adalah keputusan mereka bersama, dan mendorong keterlibatan dan komitmen sepenuhnya untuk melaksanakannya. Kelemahannya memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk perencanaan. Diperlukan pengembangan budaya perusahaan yang sesuai.

Unsur-unsur Proses Perencanaan :

Beberapa unsur di bawah ini terdapat dalam proses perencanaan manapun, kendati lingkup dan metodenya berbeda. Bisa luas, bisa kecil. Bisa kompleks, bisa sederhana. Walau demikian baik jika dikenali dengan lebih jelas.

Audit Situasi :

  • Audit situasi sewa mobil Surabaya dilaksanakan dengan memeriksa data prestasi beberapa masa yang lalu. Prinsipnya adalah untuk mendapatkan informasi pengenalan diri sendiri saat ini di sini dengan segala dimensinya: apa, siapa, mengapa, untuk apa, di mana, bagaimana, berapa? Mendaftar berbagai aspek kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) internal yang diketahui.
  • Selanjutnya teknik forecasting secara statistik biasanya digunakan untuk melihat ekstapolasi kecenderungan data ke masa depan dalam situasi konstan seperti pada masa lalu. Tetapi situasi tidak akan tetap sama karena adanya perubahan. Perubahan-perubahan masa depan sewa mobil Surabaya diantisipasi dengan berbagai teknik riset masa depan.

Riset Masa Depan :

  • Adalah usaha untuk memperkirakan situasi lingkungan eksternal masa depan sewamobil Surabaya yang akan dihadapi. Tujuan riset masa depan (future research) adalah mengenali dan mempertimbangkan dampak dari kecenderungan perkembangan faktor-faktor dalam ekonomi makro, bidang industri atau jasa, politik, perubahan sosial, teknologi, budaya dan gaya hidup masyarakat, keamanan dan lain sebagainya. Apakah positif dan ataukah negatif? Juga diperkirakan situasi persaingan usaha sewa mobil Surabaya. Apa yang akan dikerjakan pemain dan pesaing lama? Berapa banyak pemain dan pesaing baru akan terjun di lapangan (pasar)? Dampak positif berarti peluang (opportunities) bagi pengembangan karya yang perlu ditangkap dan dimanfaatkan. Maka perlu diatasi dampak negatif yang berarti ancaman (threats), hambatan dan atau kendala bagi kemajuan sewa mobil Surabaya.

Asumsi – Asumsi :

  • Gabungan audit asumsi (internal) dan riset masa depan (eksternal) sewa mobil Surabaya yang dipadukan dengan melakukan metode Analisa SWOT menghasilkan asumsi-asumsi atau pengandaian situasi atas berbagai faktor variabel. Data basis yang diperoleh di sini seolah-olah siap memberi penjelasan pada setiap pertanyaan: Mengapa?

Kebijakan :

  • Perumusan policy atau kebijakan dasar sewa mobil Surabaya dimaksudkan sebagai garis pedoman mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan, sasaran, target. Ini memberi warna dasar pada semua rencana usaha sewa mobil Surabaya, misalnya orientasi pada kepuasan pelanggan yang harus dipertimbangkan di dalam semua rencana strategi dan taktis.

Rencana Strategis :

  • Rencana strategis perusahaan sewa mobil Surabaya disusun dengan pointer mengenai bidang-bidang utama tentang pengembangan bisnis sewa mobil Surabaya dan organisasi, pembaruan serta pengembangan jasa layanan, strategi persaingan dan pemasaran, strategi keuangan, strategi investasi prasarana dan sarana, strategi produksi dan strategi sumber daya manusia dalam mendukung usaha sewa mobil Surabaya.

Keunggulan Strategis :

  • Perencanaan yang dengan jelas merumuskan hal-hal berikut dikatakan sudah mempunyai potensi keunggulan strategis:Visi, Strategi, Taktik, Implementasi dan Operasional

Pemikiran strategis perusahaan sewa mobil Surabaya haruslah merupakan suatu daur berkesinambungan dalam meniti usaha sewa mobil Surabaya. Daur itu dimulai dengan pembentukan visi organisasi, berlanjut dengan penentuan strategi (yaitu tujuan dan garis besar usaha untuk mewujudkannya) yang menentukan bagaimana visi digunakan untuk membimbing semua usaha dan karya organisi, kemudian dijabarkan menjadi pelbagai taktik yang tepat dalam mengaplikasikan strategi, mengarah pada langkah-langkah implementasi taktik serta tindakan operasional yang harus dilaksanakan dari hari ke hari dalam organisasi. Tak ada tangga yang boleh dilewatkan di dalam pemikiran dan perumusan semua itu di dalam daur perencanaan yang berkesinambungan.

Sehingga demikian dalam kesimpulan penulis, bahwa semua tuntunan dan sistem serta langkah dalam sebuah tulisan belum tentu dapat dijalankan sepenuhnya dalam sebuah tata organisasi perusahaan sewa mobil Surabaya. Tetapi setidaknya tulisan ini dapat membantu rekan-rekan dalam mencapai tujuannya dengan semua harus berpangkal pada komitmen rencana, kesetiaan pada maksud dan tujuan yang hendak dicapai, ketegasan keterlibatan, konsistensi dan sikan konsekuen.

Situasi bisa menyebabkan perubahan bahkan pembongkaran rencana dan memutar daur proses perencanaan berikutnya. Untuk itu diperlukan kepekaan pada situasi dan dampaknya (sensibilitas) dengan selalu mengadakan audit situasi dalam kurun tertentu (kuartal atau semester) dan fleksibilitas dalam arti kesediaan untuk berubah di setiap jajaran yang diperlukan untuk mencapai tujuan usaha sewa mobil Surabaya.

Leave us a comment